Peliharalah imanmu dengan memperbanyak sedekah, bentengilah hartamu dengan mengeluarkan zakat, dan tolaklah gelombang bencana dengan senantiasa berdo'a kepada Allah (Ali bin Abi Thalib r.a.)
Anda di Beranda Darul Ihsan » , » Membangun Iman Dalam Hati Perlu Pelajaran Tauhid yang Baik
Assalamu'alaikum. Wr.wb.

Kesadaran beragama yang ada pada setiap manusia awam (muslim) pada  dasarnya dapat saja menerima ajaran agama secara ikut-ikutan atau karena garis keturunan yang konsepnya tidak memerlukan dalil. Terutama lidah mereka tidaklah sulit menyebut nama Allah, walau hatinya belum sesuai dengan lidahnya, belum meresapi kebenaran ucapannya di dalam hati. Seorang muslim yang memiliki iman seperti ini dianggap dha'if (masih lemah imannya) dan dikhawatirkan imannya dapat menjadi luntur apabila mendapat ancaman ataupun ujian dari Allah swt.

Iman yang lemah seperti ini sangat memerlukan pembinaan ilmu ketauhidan ke dalam dada, agar hatinya benar-benar dapat merasakan kebesaran Allah swt yang Maha Sempurna. Untuk membangun iman di dalam hati diperlukan suatu sistem pelajaran tauhid yang baik, karena insyaAllah dapat dicapai melalui tiga tingkatan pengetahuan, seperti berikut:

  • Tingkatan pertama, yaitu mengenal sifat-sifat Allah. Sifat-sifat Allah ini diketahui dari Al-Quran maupun hadits yang berjumlah 20 yang juga disebut sifat 20.
  • Tingkatan kedua, yaitu menghubungkan segala sifat Allah dengan alam. Segala sifat Allah hendaklah berangsur-angsur dapat kita rasakan dalam hati. Mungkin selama ini kita mengetahui hanya lewat akal, maka sekarang kita perlu merasapkan segala sifat-sifat Allah ke dalam hati supaya tercipta rasa (zuq) sehingga iman itu betul-betul terasa didalam hati dengan iktikad, bahwa Allah itu benar-benar ada dan bersifat dengan segala sifat Kamalat (sempurna).
  • Tingkatan ketiga adalah masuk dalam suasana sifat, maksudnya agar setiap sifat Allah harus dihubungkan dengan alam, misal Allah bersifat kuasa maka kekuasaan-Nya itu dapat melayani seluruh alam semesta ini. Alam yang tadinya tidak ada menjadi ada, ini semua terjadi karena Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Mungkin ini saja yang perlu kita pelajari dan memahami dan mempelajari tauhid dengan baik dan benar, insya Allah dapat meningkatkan keimanan kita untuk mencapai derajat yang tinggi disisi Allah swt. Sebagai seorang mukmin yang menyandang predikat takwa.

Wassalamu'alaikum. Wr.wb

Publisher : soni ~ Berbagi Info, Artikel, Tips dan Trik ~

Artikel Membangun Iman Dalam Hati Perlu Pelajaran Tauhid yang Baik, ini dipublish oleh soni pada hari Kamis, 22 Desember 2011. Terima kasih atas kunjungan Anda, serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi kita semua. Kritik dan saran dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar yang ada dibawah ini.

0 komentar:

Posting Komentar